COMANDO. Diberdayakan oleh Blogger.

PERMASALAHAN BELAJAR IPS

A. Latar Belakang Masalah

Dalam pembelajaran IPS di kelas kita sangat terbatas pada sarana dan saranan kelas , sebab umumnya kelas tempat peserta didik belajar hanya tersedia perabot serta papan tulis sehngga dalam pembelajaran yang menuntut penjelasan secara nyata/riil tentang kondisi yang ada diluar kelas sangat sulit, terutama pelajaran IPS yang bahan ajarnya ternyata banyak terdapat diluar kelas dan sulit sekali kita mendatangkan dalam kelas sebab umumnya hal – hal yang berkaitan dengan alam, peninggalan – peninggalan atau objek – objek pembelajaran lain hal ini menyebabkan para guru khususnya IPS dalam pembelajaran terkunkung pada penjelasan – penelasan yang ferbalisme dan dengan contoh – contoh yang tidak jelas.

Dalam pembelajaran sekarang ini paling tidak siswa harus memperoleh pengalaman belajar yang bermakna, situasi belajar kita ciptakan yang secara alamiah,maksudnya ada kedekatan materi ajar dengan contoh – contoh yang lebih dapat divisualkan secara baik,sehingga dalam pembelajaran siswa mampu menangkap informasi dengan baik dari apa yang telah dipelajarai menjadi pengetahuan yang setia. Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi dengan metode ceramah yang sering kita lakukan dalam pembelajaran terbukti hasil kompetensi hanya mampu mengingat pengetahuan jangka pendek ,tetapi gagal dalam membekali pengetahuan siswa dalam jangka panjang.

Pembelajaran dan pengajaran kontektual diharapkan siswa mampu menangkap dan merekam informasi lebih setia dan mungkin mampu mengadaptasikan dengan lingkungan kondisi nyata . Sebab pembelajaran kontrktual ini guru harus mampu mengkaitan isi materi pelajaran dikelas dengan kondisi nyata .Pembelajaran ini mampu memotivasi siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang diperoleh di kelas dan menerapkannya dalam kehidupan siswa sehari – hari sebagai anggota keluarga,sebagai anggota masyarakat dan nantinya sebagai tenaga kerja (US Departement Education and the National School-to-work office, 2001)

Selain definisi diatas ada beberapa definisi lain tentan CTL diantaranya : dari Johnson ,2002 ; CTL adalah suatu sistem yang utuh terdiri dari bagian – bagian yang saling berhubungan yang bertujuan membantu siswa untuk memahami arti materi pelajaran yang nereka pelajari dihubungkan dengan konteks kehidupan mereka sehari – hari. Dari Fakultas Sastra – UM menyatakan bahwa contextual Teaching and Learning adalah suatu pendekatan yang membantu guru mengaitkan bahan ajar dengan kehidupan nyata. Pembelajaran ini, situasi dan isinya khusus dan memberikan kesempatan siswa dapat melakukan pemecahan masalah,latihan dan tugas secara riil dan otentik.

Title : PERMASALAHAN BELAJAR IPS
Description : A. Latar Belakang Masalah Dalam pembelajaran IPS di kelas kita sangat terbatas pada sarana dan saranan kelas , sebab umumny...

0 Response to "PERMASALAHAN BELAJAR IPS"

Posting Komentar